Pages

Rabu, 09 April 2014

Mitigasi Bencana Alam Gunung Meletus (Saat Terjadinya Bencana)

Bagaimana ketika bencana terjadi? Bagaimana ketika gunung api telah meletus? Apa saja yang harus dilakukan untuk meminimalisir kerugian? Berikut akan dijelaskan mengenai Mitigasi Bencana Saat Terjadi Gunung Meletus.

Pemerintah bersama pihak terkait tentunya telah melakukan persiapan dalam menghadapi bencana. Pos pemantauan gunung api selalu siaga mencatat dan mengamati perkembangan aktifitas gunung api, sehingga beberapa kemungkinan dapat diprediksi, dan ketika prediksi akan terjadinya letusan, tentu pemerintah segera bergerak cepat. Masyarakat dalam hal ini dihimbau untuk turut membantu pemerintah, menaati peraturan dan prosedur yang telah dibuat, menghindari hal-hal yang membahayakan, demi keselamatan masyarakat itu sendiri. Yang terpenting, ketika terjadi letusan, hendaknya masyarakat tidak panik dan tetap dengan tertib mengikuti prosedur Tim Evakuasi.

Penanganan saat terjadi letusan
  1. Membentuk tim gerak cepat.
  2. Meningkatkan pemantauan dan pengamatan dengan didukung oleh penambahan peralatan yang memadai.
  3. Meningkatkan pelaporan tingkat kegiatan alur dan frekuensi pelaporan sesuai dengan kebutuhan.
  4. Memberikan rekomendasi kepada pemerintah setempat sesuai prosedur.
  5. Melakukan evakuasi sedini mungkin.

Pembentukan Tim Gerak Cepat


 
Evakuasi Sedini Mungkin


Penambahan Peralatan untuk Pengamatan


Nah, apa-apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi letusan gunung api? Berikut akan dijelaskan hal-hal yang sebaiknya dilakukan masyarakat saat bencana gunung meletus terjadi.

Penyelamatan diri dapat dilakukan dengan cara:

a.          Pastikan anda sudah berada di shelter atau tempat lain yang aman dari dampak letusan.
Hindari daerah rawan bencana seperti lereng gunung, lembah, aliran sungai kering dan daerah aliran laharHindari tempat terbuka, lindungi diri dari abu letusan.
Ketika terjadi peningkatan aktifitas gunung api yang sudah pada tahap membahayakan, segeralah melakukan evakuasi mandiri, menyelamatkan barang-barang berharga, dan berlindung di daerah aman. Akan lebih baik misalnya apabila mengungsi ke tempat sanak saudara di daerah lain.


b.             Gunakan masker untuk menutupi mulut dan hidung.
Saat turunnya abu gunungusahakan untuk menutup wajah dengan kedua belah tangan. Masker akan berfungsi untuk menghindari masuknya debu vulkanik ke dalam tubuh yang dapat membahayakan saluran pernafasan.



c.   Gunakan kacamata pelindung.
Untuk melindungi mata dari debu, bila ada gunakan pelindung mata seperti kacamata renang atau apapun yang bisa mencegah masuknya debu ke dalam mataJangan memakai lensa kontak.

d.     Masuk ruang lindung darurat bila terjadi awan panas.

e.            Siapkan diri untuk kemungkinan bencana susulan.
       Menyadari bahwa gunung meletus adalah salah satu bencana yang sulit diprediksi, sebaiknya persiapkan diri sebaik mungkin menghadapi bencana letusan. Beberapa jenis gunung api tidak hanya meletus sekali saja namun dapat berkali-kali secara berkala. Kenakan pakaian yang bias melindungi tubuh, seperti baju lengan panjang, celana panjang, topidan lainnya.

f.      Jangan panik dan selalu memperhatikan arahan dari pihak berwenang selama berada di shelter.
        Ketika terjadi letusan, masyarakat dihimbau untuk tidak panik dan mengikuti prosedur dengan baik. Tim Evakuasi telah mempersiapkan segala hal yang diperlukan, untuk itu masyarakat tidak perlu panik. Dalam beberapa kasus ketika terjadi peningkatan aktifitas gunung api dan penduduk sekitar rawan aliran lahar diminta untuk mengungsi, beberapa penduduk justru menolak untuk dievakuasi dengan maksud tidak ingin meninggalkan rumah dan perkebunan mereka. Hal ini adalah contoh yang dapat membahayakan keselamatan mereka sendiri. Untuk itu, masyarakat dihimbau bersama-sama mendukung pemerintah dan mengikuti prosedur dengan baik.


8 komentar:

  1. 1. foto-fotonya terlalu banyak... kurangi 2-3 foto
    2. berikan umpan baliknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, pak, sudah dikurangi, umpan baliknya juga sudah ditambahkan. Terimakasih banyak atas sarannya.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. blognya sudah lengkap dan tampilannya cukup menarik. menurut saya, gambar-gambarnya terlalu banyak dalam materi, kurangi sedikit :D
    kembangkan lagi blognya agar tambah menarik lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah diperbaiki :) terimakasih saran dan komentarnya. semoga kedepannya semakin baik lagi :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. blog.ya udh bgs
    materinya lengkap, tampilan blog.ya simple tapi bagus cmn butuh sedikit tambahan
    ngehehehe

    mampir ya: http://when-they-erupt.blogspot.com

    BalasHapus
  6. kami dari kelompok 6.
    menurut kami, blognya udah bagus, simple, dan memudahkan dalam membaca materi. materinya juga sudah lengkap. sering-sering aja update blognya kalo ada informasi yang ingin ditambahkan :)

    jangan lupa mampir ke blog kami geoganesha.blogspot.com

    BalasHapus